Kegiatan

PENCEGAHAN STUNTING LANJUTAN RW 02 BERSAMA PUSKESMAS PATEBON II

Kegiatan pencegahan stunting lanjutan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Purwosari bekerja sama dengan Puskesmas Patebon II.

Melalui program Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Pemerintah Desa berbasis Dusun, Pemerintah Desa Purwosari mendapatkan dana BKK tahun 2022 untuk penanganan penanggulangan dan pencegahan stunting yang ada di desa Purwosari.

Dalam kegiatan pecegahan stunting lanjutan memasuki hari ke-2 yang diikuti 30 peserta dari berbagai elemen masyarakat, kader posyandu, ibu hamil, ibu dan anak yang bertempat tingal di desa Purwosari khusunya RW 2.

di hari ke dua menghadirkan nara sumber Ibu Warihati PJ UKM dan ahli gizi Ibu Eko Wahyuningsih yang bertugas di Puskesmas Patebon II, dalam penjelesan yang disampaika oleh Ibu Eko Wahyuningsih tentang Pemberian makan Bayi dan Anak (PMBA). 

 

1. IMD (Inisiasi Menyusu Dini)

2. Pemberian ASI secara eksklusif

3. pemberian makanan pendamping ASI. Makanan pendamping ASI yang harus dipenuhi :

      - Makanan Sumber karbohidrat

     - Makanan sumber protein

     - Makanan sumber lemak

4. Pemberian ASI sampai usia 2 Tahun

 

makanan yang dikonsumsi harus bergizi seimbang guna meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. ada beberapa gizi seimbang yang perlu dipenuhi, pertama yaitu makanan sumber protein sangat penting untuk membentuk sel tulang dan sel otak di dalam tubuh. Protein terbagi menjadi dua, yaitu protein hewani dan nabati. Namun jika dilihat dari kandungan asam amino, protein hewani memiliki kandungan yang lebih lengkap.

Zinc atau seng yang memiliki fungsi sebagai penahan masuknya virus di dalam tubuh. Selain itu, Zinc juga berfungsi untuk menghasilkan antibodi khususnya Imunoglobulin G. 

“Sumber Zinc berasal dari kacang-kacangan, dan juga dari seafood seperti tempe, jagung, udang, dan belut.

Sehingga perlu diingat untuk selalu memakan makanan bergizi, menerapkan gizi seimbang meliputi makanan pokok, lauk pauk nabati dan hewani, serta sayur dan buah dan membiasakan selalu cuci tangan, aktifitas fisik, timbang dan pantau berat badan, tidak lupa minum air putih dalam jumlah yang cukup, serta kurangi gula, garam dan lemak. 

hendy/desa.id

 

 

Share :

Cuaca Hari Ini

Senin, 15 Juli 2024 08:09
Awan Tersebar
26° C 26° C
Kelembapan. 62
Angin. 1.66